Sunday, September 13, 2009

Terbang Multi Engine, ingat N minus 1

Interesting comment dari Bapak Pambudsky pada posting Sept 10, 2009"Do you have enough fuel?". Pak Cik Lambang memutuskan untuk menindak lanjuti pembahasan ini.
Seperti kita ketahui guys, ada perbedaan doktrin antara phase Single Engine dengan Multi Engine Aircraft. That's why diadakanlah Rating Multi Engine untuk Lisensi Pilot.
Masalahnya hampir semua Naval Aviator kita tidak melalui tahapan peralihan rating ini. Dari yang belajar Single Engine, lulus jadi pilot kemudian langsung Kopilsi (hehe, istilah kita yang aneh) ke Twin Engine. Salah satu doktrin yang terlewati antara lain adalah berpikir N-1 itu. Ujung-ujungnya juga bermuara pada manajemen fuel yang selama ini tidak pernah dimasukkan dalam perhitungan serta pengambilan keputusan untuk prosedur-prosedur emergency lainnya.
Bapak Pambudsky yth, jangankan berpikir ke N-1, sekedar berpikir untuk menambahkan fuel to alternate dan 45' holding dalam kondisi normal operation saja wallohu alam.
Tapi bagaimanapun juga, kita harus setuju dengan comment anda, mengingat operasional kita yang mostly menggunakan Twin Engine.
Pak Cik Lambang mengharapkan tulisan Bapak Pambudsky (yang masih segar lulus ATPLnya, hahaha) mengenai salah satu doktrin Multi Engine yaitu N-1.
Monggo!

No comments:

Post a Comment