Sunday, September 13, 2009

Hydroplaning, runway bechek nggak ada ojheck.

Bro, runway bhechek selain bikin pilek juga bisa bikin pesawat kepleset. Contohnya kayak Lion di Suta. Kok bisa? Emangnya runway dibuat dari ubin yang jadi licin kalo habis dipel?

Kagak Bro. Walopun runway dibikinnya dari aspal yang kasar, tetep aja, kalo kita landing di runway bhechek dengan speed diatas speed tertentu, bakal kepleset juga. Speednya berapa? Ntar dulu.

Jadi kalo runway bhecheck, akan terjadi lapisan air tipis antara roda dgn ground. Ini mengakibatkan hilangnya friction yang artinya:

1. Brake efectivenessnya nil.

2. Directional controlnya nil.

Lha trus piye? Kata buku yg dibaca Pak Cik Lambang, ada beberapa cara untuk mengantisipasinya.

1. Beberapa runway di-grooved, dikasih urat2 buat mempercepat air ndlewer. Sayangnya sebagian besar runway kagak digituin.

Jadi kalo sudah diinfokan sama tower bahwa runway is wet, jangan cuma di-readback pake bahasa inggris yang keren kayak kalo Cinta Laura ngomong, tapi segera be well prepared untuk mengatasi masalah braking n directional control.

2. Usahakan untuk landing di bawah speed tertentu. Berapa? Ntar dulu ya. Sebab kalo sudah terlanjur landing di atas speed tersebut, maka ngefeknya akan terus menerus sampai pesawat berhenti karena sebab lain, misalnya nabrak tiang listrik ato dicegat provost. Mechanical Braking-nya udah blas tidak efektif.

Rumus Speednya adalah V(dlm kts)=9 x akar Tire Press (psi). Namanya Minimum Dynamic Hydroplaning Speed.

3. Maksimalkan Aerodynamic Directional Control dengan landing into the wind.

4. Maksimalkan Aerodynamic Braking misal spoiler dan airbrake.

Oke Bro? Fly safe.

No comments:

Post a Comment